Himah dan Fadhilah Orang Berqurban

Himah dan Fadhilah Orang Berqurban

Berqurban adalah salah satu ibadah yang telah disyariatkan, maka secara umum hikmah dari berqurban sama seperti hikmah dari pelaksanaan ibadah-ibadah lainnya, seperti sebagai bukti nyata atas kepatuhan dan ketundukkan kita terhadap perintah Allah SWT dan Rasul-Nya SAW.

Namun setidaknya ada beberapa hikmah dan fadhilah  yang paling menonjol dalam ibadah ini:

1.  Mengundang cinta Allah Ta’ala

عن عائشة، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “ما عمل ابن آدم يوم النحر عملا أحب إلى الله عز وجل، من هراقة دم

Dari Aisyah, sesungguhnya Nabi SAW bersabda: “Tidak ada amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah SWT dari menumpahkan darah (berqurban)…” (HR. Ibnu Majah, 2/1045, No. 3126).

2. Menghidupkan kembali makna pengorbanan yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS

Allah mengujinya dengan memerintahkan agar menyembelih putranya sendiri, Ismail AS.

Nabi Ibrahim AS.melaksanakannya dengan dilandasi ketaatan yang totalitas, keikhlasan yang besar, kesabaran yang tanpa batas. Kita pun seharusnya meneladani hal ini dalam menerapkan aturan Syariat Islam dalam kehidupan kita sehari-hari.

{ فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ}

” Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!”Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar” (QS. As Shaffat: 102).

3. Menumbuhkan nilai-nilai solidaritas sesama Muslim

Menumbuhkan nilai-nilai solidaritas kepada sesama muslim, terutama terhadap fakir miskin dengan membagikan daging hewan qurban kepada mereka. (Al Fiqh Al Manhaji, 1/227)

عن علي قال: “أمرني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أقوم على بدنه، وأن أتصدق بلحمها وجلودها وأجلتها…”

Dari Ali berkata: “Rasulullah SAW telah memerintahkan kepadaku untuk mengurusi kurban-kurbannya, dan menyedekahkan dagingnya, kulitnya, dan pakaiannya…” (HR. Muslim, 2/954, No. 1317).

Oleh; Tim Mitra Wakaf dan Agus Purwanto Lc., M.Hum  (Dewan Syariah Mitra Wakaf)

Anda ingin berqurban?
Namun sering terasa berat saat menjelang Idul Adha?
Kini, ada solusi untuk Anda dan keluarga,
Insya Allah sekarang siapapun bisa berqurban

klik pada gambar;

Bagikan ini di

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *