fbpx Judul Saya
Soft Lauching Gerakan #BerdayaTanpaRokok

Soft Lauching Gerakan #BerdayaTanpaRokok

Alhamdulillah, pada hari ini, 2 Desember 2017, kami melakukan Soft Launching Gerakan #BerdayaTanpaRokok.

Ini adalah sebuah gerakan yang lahir dari keprihatinan akan kondisi yang timbul akibat konsumsi rokok.

Alhamdulillah sudah banyak lembaga, pegiat dan gerakan yang mengkampanyekan anti rokok dari aspek kesehatan. Rokok sudah dipastikan berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, aspek lain yang perlu kita cermati yang tidak kalah pentingnya adalah aspek sosial ekonomi.

Berikut Adalah Data & Fakta Terkait Rokok:

  1. Jumlah Perokok di Indonesia

Perokok aktif di Indonsia mencapai 36,3% dari jumlah penduduk Indonesia (Kemenkes RI). Sebanyak 43,3% orang miskin adalah perokok (TNP2K).

  1. Omzet Penjualan Rokok

Omzet penjualan rokok dalam setahun tidak kurang dari Rp.225 T, setara dengan 43x perolehan zakat.

  1. Biaya Kesehatan Akibat Rokok

Beban biaya kesehatan yang ditimbukan mencapai Rp.378 T pada tahun 2013 (IAKM).

  1. Rokok Memiskinkan Orang Miskin

Konsumsi rokok pada rumahtangga miskin 12,4% alias 4,4x biaya pendidikan, dan 3,3x biaya kesehatan (BPS). Sementara siapa yang kaya raya karena rokok? Ya, Bos Pengusaha rokok, bukan petani tembakau, bukan pula buruh pabrik rokok.

Tidak kah kita prihatin akan kondisi yang tergambar pada data dan fakta di atas?

Bayangkan, betapa besar potensi yang bisa kita garap dan optimalkan untuk hal yang jauh lebih bermanfaat dan berdampak jangka panjang jika kita bisa meminimalisasi konsumsi rokok di Indonesia.

Karena itu, dalam rangka menyadarkan masyarakat, akan kerugian ekonomi akibat rokok, dan juga upaya untuk mengalihkan potensi finansial konsumsi rokok kepada hal yang berdampak positif bagi kesejahteraan. Maka kami menginisiasi gerakan ini, #BerdayaTanpaRokok.

Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut terlibat mensukseskan gerakan ini. Agar tercipta apa yang menjadi tujuan kita, masyarakat yang meninggalkan rokok dan menjadi masyarakat yang Berdaya, #BerdayaTanpaRokok.

Sekarang saat yang tepat! Mari bergerak dan terlibat dalam gerakan kebaikan ini. Kami membuka segala bentuk dukungan untuk eksistensi dan kemajuan gerakan ini. Seperti apa konsep gerakan ini?

Apa saja program kerjanya?  Selengkapnya, silahkan kunjungi website resmi klik #berdayatanparokok.

Bagikan ini di

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *