fbpx Judul Saya
7 Amal yang Pahalanya Mengalir Terus

7 Amal yang Pahalanya Mengalir Terus

Wakaf merupakan amalan spesial. Selain dari sisi manfaat yang terus berkelanjutan, Allah juga menjanjikan pahala yang besar untuk Muwakif (orang yang ber wakaf )yang mendermakan sebagian hartanya untuk kemaslahatan ummat.

Salah satu hadits yang mahsyur yang bisa menjadi panduan atau ide dalam ber wakaf adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah:

– Ilmu yang diajarkan dan disebarkannya,
– Anak shalih yang ditinggalkannya,
– Mush-haf Alquran yang diwariskannya,
– Masjid yang dibangunnya,
– Rumah untuk ibnu sabil yang dibangunnya,
– Sungai (air) yang dialirkannya untuk umum, atau
– Shadaqah yang dikeluarkannya dari hartanya diwaktu sehat dan semasa hidupnya,

Semua ini akan menemuinya setelah dia meninggal dunia.”

(HR. Ibnu Majah dan Baihaqi, dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani)

Hadits ini cukup jelas menjelaskan panduan untuk mempersiapkan bekal amal jariyah sebelum kematian datang menjemput. Amal jariyah adalah amalan yang pahalanya tetap dapat dinikmati meskipun orangnya telah meninggal dunia, sebab manfaatnya masih dapat dinikmati dalam jangka waktu yang cukup lama.

1. Ilmu yang diajarkan dan disebarkan

Menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal, seperti diskusi, ceramah, dakwah, dan sebagainya. Termasuk dalam kategori ini adalah me­nulis buku yang berguna dan mempublikasikannya. Menyediakan sarana dan prasarana menyebarkan ilmu pengetahuan dan dakwah dengan harta maupun tenaga termasuk dalam hal ini.

2. Anak Sholeh yang ditinggalkannya

Anak sholeh adalah harta terbaik yang dimiliki seorang muslim. Anak sholeh yang akan senantiasa mendoakan dan memohon ampunkan kedua orang tuanya. Mengerjakan yang ma’ruf dan mencega kepada yang mungkar. Segala pahala kebaikannya mengalir pula kepada orang tuanya kelak.

3. Mushaf Al-Qur’an yang diwariskannya

Mewariskan mushaf (buku agama) kepada orang-orang yang dapat memanfaatkannya untuk kebaikan diri dan masyarakatnya. Amalan ini juga akan mendatangkan pahal jariyah yang terus mengalir.

4. Masjid yang dibangunnya

Hal ini sejalan dengan sabda Nabi SAW, ”Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena Allah walau sekecil apa pun, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

5. Rumah untuk Ibnu Sabil yang dibangunnya

Membangun rumah atau pondokan bagi orang-orang yang bepergian (Ibnu Sabil) untuk kebaikan. Setiap orang yang memanfaatkannya, baik untuk istirahat sebentar maupun untuk bermalam dan kegunaan lain yang bukan untuk maksiat, akan mengalirkan pahala kepada orang yang membangunnya.

6. Sungai (air) yang dialirkannya untuk umum

Setelah orang yang mengalirkan air itu wafat dan air itu tetap mengalir serta terpelihara dari kecemaran dan dimanfaatkan orang yang hidup maka ia mendapat pahala yang terus mengalir.

“Barangsiapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan mem­berinya pahala kelak di hari kiamat.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah)

7. Shadaqah yang dikeluarkannya dari hartanya diwaktu sehat dan semasa hidupnya

Sedekah yang diberikan secara ikhlas akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Gambar BC:

Bagikan ini di

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *