NON WAKAF – NON KOMERSIL

Merupakan program pendayagunaan donasi non wakaf dengan cara disalurkan kepada masyarat lewat beberapa program pemberdayaan masyarakat. Sumber dana berasal dari donasi sedekah umat, keuntungan wakaf komersil, qurban dan dana rekening tanpa riba. Adapun program yang termasuk di dalamnya adalah Mitra Yatim & Dhuafa, Mitra Majelis Ilmu, Mitra Ramadhan Berkah dan Mitra Qurban Nusantara.

 

Mitra Yatim & Dhuafa

Yaitu bantuan untuk anak yatim & kaum dhuafa untuk membantu memenuhi kebutuhan  dasar. Bentuk bantuan berupa uang santunan, paket bahan pangan, pakaian, perlengkapan sekolah, beasiswa, dll. Saat ini, program Mitra Yatim & Dhuafa memiliki tiga sub program, yaitu; Sarapan Bareng Yatim (SBY), Santunan Dhuafa, Janda & Jompo, dan Berbagi Baju Lebaran.

Mitra Majelis Ilmu

 

 

 

Yaitu dukungan kegiatan dakwah dan keilmuan baik di informal maupun non formal. Mencakup majelis ilmu agama maupun ilmu umum, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Bentuk bantuan berupa dana operasional, honor dai maupun penyediaan fasilitas penunjang kegiatan. Saat ini, program Mitra Majelis Ilmu memiliki dua sub program, yaitu; Kafalah Dai Pelosok dan Bantuan Operasional Majelis Ilmu.

Mitra Ramadhan Berkah

Yaitu pendistribusin hidangan berbuka puasa Ramadhan baik di lokasi masjid/ ponpes/ panti maupun di lokasi persimpangan jalan. Saat ini, program Mitra Ramadhan Berkah memiliki dua sub program, yaitu; Ifthor On The Spot (berbagi hidangan berbuka puasa di masjid, panti, pondok pesantren, dll) dan  Ifthor On The Road (berbagi hidangan berbuka puasa di persimpangan jalan).

 

Mitra Qurban Nusantara

Yaitu pendistribusian hewan qurban dari para donatur kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. Diantara sasaran utama penyeluran hewan qurban adalah perkampungan di pelosok, pondok pesantren, rumah tahfidz, dan madrasah. Sumber dana program ini berasal dari donasi hewan qurban menjelang Idul Adha dan dari layanan Tabungan Qurbanku.

Bagikan ini di